80% PENDUDUK INDONESIA JADI PENGANGGURAN DI TAHUN 2050!?

#TantanganMasaDepan #DuniaVUCA #OSKMITB2020 #TerangKembali

Dibuat oleh : 220_Muhamad Fariz Ramadhan



Pengangguran adalah sebutan bagi seseorang yang tidak memiliki pekerjaan sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. 

Pengangguran di Indonesia kini telah mencapai 6,88 juta penduduk. Besar sekali bukan. Dan saya yakin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Isu ini begitu penting karena pengangguran harus segera dikurangi jumlahnya karena akan menjadi beban negara dimana penduduk yang mengkonsumsi lebih banyak daripada penduduk yang memproduksi. Selain itu, jumlah pengangguran akan mempengaruhi pendapatan perkapita suatu negara dimana hal tersebut akan menjadi tolak ukur suatu negara disebut maju, berkembang, atau terbelakang.

Pengangguran menjadi permasalahan yang sedang hangat dibicarakan. Jika dilihat dari kacamata VUCA maka pengangguran memenuhi keempat-empatnya kriteria tersebut.

             Volatility, kenaikan angka pengangguran sangat cepat perubahannya dan merata, baik di kota maupun perdesaan.

Uncertainty, banyak keadaan yang tidak jelas dimana tiba-tiba terjadi pengangguran masal. Contohnya saja sekarang, COVID-19 membuat banyak pihak perusahaan harus memphk karyawan-karyawannya, banyak pedagang yang harus berhenti berjualan karena tidak laku sehingga angka pengangguran meningkat pesat.

 

Complexity, pengangguran sangatlah kompleks karena dipengaruhi oleh banyak faktor.

 

Ambiguity, pengangguran tidak melihat pendidikan. Faktanya banyak kasus dimana orang yang berpendidikan tinggi namun tetap menganggur dan sebaliknya orang yang berpendidikan rendah malah memiliki pekerjaan. Jadi, apasih yang harus kita lakukan? Ambigu banget.

 


           


              Kita sebagai generasi penerus bangsa jangan mau jadi pengangguran di masa depan ya agar jumlah pengangguran penduduk Indonesia terus berkurang nantinya. Kita harus mempersiapkan diri agar menjadi insan yang berguna di masa depan.

 Teman-teman harus selalu update terhadap permasalahan yang ada karena dengan selalu update maka teman-teman akan tahu bagaimana sosok yang dibutuhkan di zaman sekarang.

Teman-teman juga harus explore terhadap banyak hal karena semakin banyak pengalaman dan skill yang kita miliki semakin terbuka peluang-peluang pekerjaan yang ada untuk kita.

Lebih baiknya lagi adalah teman-teman harus bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain sehingga mengurangi angka pengangguran dan menjadi manfaat untuk banyak orang. LUAR BIASA.


Komentar